Gerakan Reformed Injili: Apa? dan Mengapa?

strict warning: Only variables should be passed by reference in /home/sabdaorg/public_sabda/reformed/modules/book/book.module on line 559.

Daftar Isi

Prakata
Pengakuan Iman Reformed Injili
Pengakuan Iman Penginjilan
I. Sebelum Gerakan ini
II. Gerakan Reformed dalam Sejarah
III. Panggilan Gerakan Reformed Injili
     Apakah yang Disebut Gerakan Reformed Injili
     Apakah Isi Gerakan Reformed Injili?
     Bagaimana Permulaan Gerakan Ini?
     Apakah Keunikan Gerakan ini?
     Siapakah yang Ada dalam Gerakan ini?
     GRII dan Gerakan Reformed Injili
     Prospek Gerakan Ini
Lampiran A: Daftar Alamat GRII, MRII, dan PRII
Lampiran B: Daftar Alamat Sekolah Tinggi Teologi dan Institut Reformed
Lampiran C: SPIK dan Tema-tema SPIK
Lampiran D: Buku-buku Terbitan Penerbit Momentum
Lampiran E: Beban dan Doa


Ke Atas

Prakata

Sesaat sebelum seorang Pendeta senior meninggal dunia, saya sempat mengunjungi dia dan bertanya kepadanya, "Pak Pendeta, setelah Engkau pergi, ke manakah gerejamu ini akan pergi?" Setelah lama kebingungan, dia menjawab, "Saya sendiri tidak tahu, gereja ini akan pergi ke mana."g

Abad ke-20 ini akan segera menjadi sejarah, dan abad ke-21 sudah berada di ambang pintu. Di luar gereja, kita melihat arus pemikiran yang diwarnai oleh filsafat Gerakan Zaman Baru (New Age Movement) dan Postmodernisme sedang mengancam iman Kristen. Sementara itu, di dalam gereja, orang Kristen sendiri tidak lagi mengindahkan Firman Tuhan, dan hanya memuaskan diri sendiri dengan menjadikan acara kebaktian semata-mata sebagai suatu sarana hiburan.

Adakah orang yang meratapi keadaan anak-anak Tuhan sekarang ini? Di manakah nabi-nabi seperti Yeremia, yang dapat melihat malapetaka yang sedang menunggu kaum Israel? Di manakah suara-suara seperti Yohanes Pembaptis yang berani menegur raja yang berdosa? Bukankah negara kita yang disebut negara Pancasila telah menyatakan ketidakmampuannya dalam menjalankan semua prinsip agama, baik kesucian, keadilan, maupun kasih di dalam hidup bermasyarakat? Apakah fungsi gereja? Di manakah suara kita sebagai anak-anak Tuhan? Siapakah yang mempunyai iman yang bertanggung jawab? Siapakah yang masih memberitakan Injil kepada sesamanya?

Kiranya Tuhan memberkati buku kecil ini, dan membuka pengertian kita semua untuk ikut terjun ke dalam gerakan di mana kita melihat ada jejak kaki Tuhan dan pimpinan Roh Kudus di dalamnya. Amin.

Surabaya, Agustus 1999
Stephen Tong


Ke Atas

PENGAKUAN IMAN REFORMED INJILI

ALLAH

Kami percaya kepada satu-satunya Allah yang hidup dan benar, yang kekal dan keberadaan-Nya tergantung pada diri-Nya sendiri, yang melampaui dan mendahului semua ciptaan; yang dalam kekekalan-Nya ada dalam tiga pribadi: Bapa, Putera, dan Roh Kudus, yaitu Allah yang Esa; yang menciptakan alam semesta dari ketiadaan oleh Firman-Nya yang berkuasa; yang menopang dan memerintah segala sesuatu yang telah diciptakan-Nya serta memelihara ketetapan-ketetapan-Nya yang kekal.

ALKITAB

Kami percaya bahwa Alkitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah penyataan Allah yang sempurna yang diilhamkan Roh Kudus kepada para penulisnya dan karena itu adalah benar tanpa salah dalam naskah aslinya. Alkitab menyatakan di dalamnya kesaksian Roh Kudus, dan merupakan wibawa tunggal dan mutlak bagi iman dan kehidupan, baik untuk perseorangan, gereja, maupun masyarakat. Kami percaya bahwa Alkitab tidak bersalah dalam segala hal yang diajarkannya, termasuk hal-hal yang menyangkut sejarah dan ilmu.

MANUSIA

Kami percaya bahwa manusia telah diciptakan secara unik menurut rupa Allah, diciptakan dengan kekudusan, keadilan dan pengenalan sejati; dan diperintahkan Allah untuk menghayati pikiran-pikiran Allah sebagai seorang pemelihara perjanjian yang taat; is dipercayakan untuk memerintah dan mengusahakan ciptaan Allah lainnya untuk kemuliaan Allah. Kami percaya bahwa seluruh segi kehidupan harus dihayati di bawah perintah Allah sebagai ungkapan ketaatan kepada hukum-hukum Allah.

DOSA

Kami percaya bahwa apa yang telah terjadi dalam diri Adam sebagai wakil umat manusia, mengakibatkan seluruh umat manusia telah jatuh dalam dosa dan maut; matt secara rohani, patut menerima murka Allah yang adil, tanpa pengharapan dan tanpa pertolongan untuk memperoleh keselamatan, baik dari dirinya sendiri atau dari luar dirinya maupun dari dunia ini.

PERJANJIAN ANUGERAH

Kami percaya bahwa Allah dalam kekekalan telah membuat perjanjian untuk umat pilihan-Nya, dengan Yesus K istus sebagai Kepala; bahwa melalui ketaatan Yesus Kristus yang sempurna dan kematian-Nya sebagai pengganti manusia di kayu salib, Kristus telah memenuhi tuntutan murka Allah terhadap umatNya. Melalui kuasa kebangkitan Kristus, Allah terus-menerus memanggil dan mengumpulkan umat-Nya dari segala zaman dan segala bangsa untuk menjadi suatu imamat yang rajani dan bangsa yang kudus bagi kemuliaan-Nya.

YESUS KRISTUS

Kami percaya kepada Yesus Kristus, Pribadi kedua Allah Tritunggal, Allah sejati dan manusia sejati, satu-satunya Juruselamat manusia; yang telah dikandung oleh Roh Kudus, lahir dari anak dara Maria; hidup tanpa dosa, disalibkan, mati dan bangkit dari kematian, naik ke sorga, duduk di sebelah kanan Allah Bapa untuk bersyafaat bagi umat-Nya sebagai Imam Besar, yang berhasil dan penuh pengertian; bahwa Dia akan datang kembali dalam tubuh kemuliaan-Nya, secara kasatmata dan secara tiba-tiba untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

ROH KUDUS

Kami percaya kepada Roh Kudus, Pribadi ketiga Allah Tritunggal, Pengilham ilahi Alkitab, yang menginsafkan manusia akan dosa mereka melalui Firman-Nya, yang melahirbarukan mereka, sehingga tumbuh iman dan pertobatan kepada Yesus Kristus untuk keselamatan; Dia memperlengkapi orang-orang beriman dengan kuasa untuk menaati hukum-hukum Allah; Dia mengaruniakan kepada Gereja Yesus Kristus karunia-karunia untuk pelayanan orang kudus; Dia bersyafaat bagi orang beriman dengan keluh kesah yang tak terucapkan untuk dan sampai hari permuliaan umat Allah.

GEREJA DAN MISI

Kami percaya akan satu Gereja yang kudus dan am, yang terdiri dari seluruh umat pilihan Allah dari segala zaman dan yang sebagiannya kini terhisap dalam gereja setempat; gereja setempat harus merupakan ungkapan dari sifat Gereja yang kudus dan am tersebut dengan menjaga kemurnian ajaran sesuai dengan Alkitab, dengan mendahulukan persatuan berdasarkan kebenaran di dalam ikatan kasih antara berbagai gereja setempat dan aliran gereja yang ada, dengan memancarkan kemuliaan Allah melalui ibadah, pengajaran Firman Allah, pelaksanaan baptisan dan perjamuan kudus, persekutuan, pelaksanaan disiplin dalam kasih, pelayanan dan misi.

Kami percaya bahwa Gereja ada di dalam dunia untuk memberitakan Injil Yesus Kristus dan mengungkapkan ketuhanan Kristus lewat perbuatan-perbuatan nyata. Gereja menjalankan misi Yesus Kristus, yaitu menegakkan pemerintahan Kerajaan Allah atas dunia ini, baik melalui usaha-usaha penginjilan di dunia ini maupun usaha-usaha menyatakan dan mewujudkan kebenaran dan keadilan di dalam kasih untuk memperbarui dunia.

Kami percaya bahwa Gereja, baik para pejabatnya maupun seluruh warga gereja, sebagai umat Allah merupakan kunci bagi penginjilan serta pemuridan sekalian bangsa di dunia ini, sampai Kristus datang kembali dalam kemuliaan untuk merampungkan penggenapan kerajaan-Nya.


Ke Atas

PENGAKUAN IMAN PENGINJILAN

  1. Aku percaya Injil sebagai kuasa Allah untuk menyelamatkan setiap orang yang percaya.
  2. Aku percaya satu Allah di dalam tiga Pribadi, Pencipta manusia dan dunia, Hakim Tertinggi atas semua dosa dan Sumber keselamatan manusia.
  3. Aku percaya kejatuhan manusia sebagai fakta sejarah yang menyebabkan polusi natur manusia secara total. Oleh sebab itu, manusia tidak mampu menyelamatkan dirinya sendiri.
  4. Aku percaya anugerah Allah yang berdaulat kepada manusia yang tidak layak menerima keselamatan, yang memilih umat-Nya di dalam hikmat-Nya yang tertinggi oleh penetapan-Nya yang kekal, dan bertindak di dalam proses dinamis sejarah, untuk menebus mereka di dalam Anak TunggalNya, Yesus Kristus.
  5. Aku percaya akan inkarnasi Yesus Kristus melalui kelahiran anak dara, hidup-Nya tanpa dosa, penyaliban, kematian, kebangkitan dan kenaikan-Nya adalah fakta-fakta sejarah yang menyusun esensi dan berita Injil, sebagai satu-satunya sarana untuk mencapai keselamatan Allah.
  6. Aku percaya kuasa darah Yesus Kristus yang membersihkan, terkandung di dalam pengorbanan-Nya yang bersifat penggantian, pemulihan (propisiasi), penebusan dan pendamaian, yang memberikan hidup baru kepada manusia.
  7. Aku percaya akan pemberitaan Injil sebagai satu-satunya berita baik, yang memberikan dasar hidup bahagia dan pengharapan kekal bagi umat manusia. Penginjilan adalah:
    • Kesaksian hidup orang-orang Kristen sejati yang menundukkan diri mereka kepada perintah Allah
    • Menciptakan pertemuan pribadi antara orang-orang berdosa dengan Allah, melalui perantaraan Yesus Kristus.
    • Penyebab yang menimbulkan iman yang menyelamatkan di dalam hati manusia.
    • Kunci menuju pertumbuhan gereja dan kesukaan akan kehadiran-Nya yang kekal.
  8. Aku percaya pertobatan sebagai bukti kelahiran baru dari Roh Kudus yang menghasilkan iman sejati di dalam Yesus Kristus dan menghasilkan buah-buah hidup baru.
  9. Aku percaya akan pengurapan Roh Kudus di dalam penginjilan dalam bentuk keberanian, hikmat, kuasa-kuasa, dan kesukaan menjadi saksi atas mereka yang menaati Amanat Agung Yesus Kristus.
  10. Aku percaya akan finalitas Injil yang adalah sempurna pads dirinya, yang tidak dapat digantikan atau dibandingkan, baik dengan pemikiran agama, ide filsafat, dan perbuatan baik duniawi (beda secara kualitatif), maupun dengan mandat kebudayaan dan kepedulian sosial di dalam iman ortodoks dan Injil (hanya merupakan pelengkap dari pra- dan pasca-penginjilan), ataupun karunia Roh Kudus dan mujizat dan tandatanda di dalam Alkitab (yang kadang-kadang Allah gunakan untuk menyaksikan Injil-Nya). Kita harus mempertahankan kesempurnaan Injil.
  11. Aku percaya kuasa yang tidak berubah dari Injil Yesus Kristus yang mampu memelihara umat tebusan-Nya serta mengubah masyarakat melalui kesaksian mereka hingga hari penggenapan pemuliaan di saat kedatangan Yesus kembali.

Ke Atas

  1. Sebelum Gerakan Ini

    Pada pertengahan abad ke-20, dunia Kekristenan baru mengalami sedikit kelegaan dari kesulitankesulitan yang ditimbulkan oleh Perang Dunia II. Daerah Eropa Timur sudah jatuh ke tangan komunisme. Daerah Eropa Barat dilanda oleh sekularisme. Pengutusan misionaris mulai beralih dari daratan Eropa ke Amerika Utara. Sedangkan gereja di Amerika harus menghadapi perkembangan Liberalisme yang sangat mengancam hidup Kekristenan tradisional.

    Sementara itu teologi-teologi yang paling baru, misalnya: Demitologisasi berusaha menyaingi Neo Ortodoks dari sayap Barthian untuk mengecam kepercayaan Injil. Pada saat seperti itu, gereja di Asia sedang tertidur di dalam tahap mengabaikan teologi, meskipun gerakan rohani yang pernah dikaruniakan oleh Tuhan sudah menghasilkan banyak buah khususnya di Asia Tenggara dan Cina. Akibat kebaktian-kebaktian kebangunan rohani yang dipimpin oleh John Sung dan Andrew Gih telah menghasilkan banyak buah berupa pekerja penuh waktu yang melayani Tuhan serta tim-tim penginjilan yang berkembang di sana sini sehingga telah menggugah semangat kebangsaan di negara-negara Asia. Namun gerakan Ekumene yang mengabaikan ortodoksi dan memperluas semangat toleransi terhadap segala macam aliran baru, ditambah gerakan Karismatik yang telah menggantikan gerakan Pentakosta tradisional untuk merombak struktur pikiran gereja-gereja denominasional, telah menghasilkan gelombang-gelombang awam yang tidak mengerti teologi namun memberanikan diri untuk mengabarkan Injil dan mendirikan gereja-gereja tanpa Pengakuan Iman, tanpa liturgi, bahkan tanpa penghargaan terhadap musik-musik yang agung yang diwariskan dari sejarah.

    Pada tahun 70 hingga 80-an, ketika kaum Injili melihat bahaya kesimpangsiuran yang terjadi di dalam Kekristenan, di Asia Tenggara gerakan mahasiswa mulai dibangkitkan, termasuk Gerakan Perkantas dan Lembaga Pelayanan Mahasiswa (Campus Crusade). Namun kubu-kubu teologi, yaitu tempat-tempat pendidikan hamba Tuhan sudah tidak mempunyai kekuatan yang cukup untuk mempertahankan iman kepercayaan yang ortodoks. Itulah sebabnya terjadi gerakan mendirikan sekolah teologi di luar jalur institusi-institusi yang konvensional. Sejarah membuktikan sekolah-sekolah semacam ini kurang berbobot dalam mempertahankan teologi yang benar dan pengertian Kitab Suci yang bertanggung jawab dan benar. Itulah sebabnya banyak hamba Tuhan lulusan sekolah-sekolah semacam ini sulit menerima tantangan zaman apalagi menantang zaman, khususnya dalam menghadapi kaum intelektual.

    Di pihak lain, kebangunan agama-agama di luar Kekristenan juga menjadi suatu tantangan yang besar bagi iman Kristen. Semakin banyaknya kaum cendekiawan dalam agama-agama lain dan kesadaran mereka untuk melakukan konsolidasi juga merupakan fakta yang tidak boleh kita abaikan. Selain itu, makin meningkatnya pendidikan serta makin banyaknya pengaruh filsafat modern di negara-negara Asia telah meningkatkan kemungkinan Kekristenan, dengan pimpinan yang kurang berbobot, menjadi agama yang dianggap terbelakang dan dilecehkan oleh generasi yang baru. Melihat situasi demikian, siapakah yang sudah bersiap sedia untuk menerima tantangan ini serta mengisi kebutuhan zaman pada akhir abad ke-20?

    Kuantitas yang diperoleh melalui gerakan-gerakan yang berlangsung di kalangan rakyat jelata tidak cukup untuk menjawab tantangan zaman ini. Karena ketidakpuasan terhadap kesimpangsiuran pengajaran Kristen masa kini dan ketidaksanggupan pihak Liberalisme maupun gerakan Kristen yang bersayap emosional untuk mewakili Kekristenan sejati, maka kami memikirkan perlu adanya Gerakan Reformed Injili.

    Gerakan ini berada di dalam gelombang transisi dari masyarakat agrikultural (pertanian) menuju masyarakat industrialisasi dan juga menuju masyarakat informasi. Itulah sebabnya Gerakan ini tidak mudah diikuti oleh orang yang belum biasa dengan kedahsyatan gelombang transisi ini, apalagi Gerakan yang melawan arus ini berakar pada semangat yang dirintis pada abad ke-16. Gerakan ini bermotivasi membawa Kekristenan menuju abad ke-21. Itulah sebabnya, tidak heran, jika gerakan ini dinilai terlalu terbelakang atau melawan arus.


  2. Ke Atas

  3. Gerakan Reformed dalam Sejarah

    Reformasi yang terjadi pada abad ke-16 merupakan gerakan yang unik dan tidak tertandingi karena motivasi reformasi adalah kembali kepada Kitab Suci dan mengaku bahwa segala sesuatu semata-mata berdasarkan anugerah, dan bahwa hanya melalui iman, dan bukan jasa manusia, kaum pilihan dipanggil untuk menjadi saksi Tuhan di dalam dunia ini. Gereja dipanggil bukan hanya untuk mengabarkan Injil dan mengajarkan kebenaran, gereja juga dipanggil untuk melaksanakan mandat budaya melalui bimbingan Firman Tuhan untuk mencerahkan dunia ini dengan prinsip-prinsip Firman Tuhan dalam segala aspek kebudayaan.

    Dalam segala segi kehidupan manusia, sejarah telah menyaksikan kontribusi Calvinisme, mulai dari kehidupan pribadi sampai kehidupan bermasyarakat dan pendidikan, bahkan menjadi perintis demokrasi di seluruh dunia. Pada saat pengaruh Liberalisme semakin meluas dan menggerogoti iman Kristen dalam abad ke-19, teolog-teolog Reformed dengan gigih berdiri di garis pertempuran yang paling depan untuk melawan ajaran-ajaran yang tidak setia kepada Kitab Suci. Sehingga baik di Eropa maupun di Amerika, buku-buku yang paling berbobot dalam memerangi ajaran-ajaran liberal kebanyakan merupakan hasil karya teolog-teolog Reformed. Semangat teologi Reformed inilah yang telah memelihara Kekristenan dari segala penyelewengan dan perselingkuhan gereja sebagai mempelai perempuan Kristus yang harus setia kepada Tuhan.

    Tokoh-tokoh seperti Abraham Kuyper, Herman Bavinck, Hendrik Kraemer di Belanda; dan Charles Hodge, Archibald Hodge, B.B. Warfield, Gresham Machen, Cornelius Van Til, John Murray, dan tokohtokoh lainnya di Amerika telah memperlihatkan semangat tidak berkompromi mereka yang diturunkan dari John Calvin. Penemuan anugerah umum (common grace) dan keunikan pengertian wahyu umum (general revelation) telah menjadi keunggulan dan ciri khas Teologi Reformed dalam menangani masalahmasalah kebudayaan serta memberi pencerahan dan bimbingan kepada semua peremuan ilmiah yang paling modern, juga perubahan arus pikiran sampai pada Gerakan Zaman Baru dan Postmodernisme. Tidak ada seorang pun yang bisa mengabaikan apa yang telah dikerjakan oleh Teologi Reformed sepanjang sejarah. Teologi Reformed merupakan salah satu teologi yang paling tahan uji dan paling unggul untuk memimpin orang Kristen melalui peperangan iman dan memberi petunjuk untuk hari depan umat manusia.


  4. Ke Atas

  5. Panggilan Gerakan Reformed Injili

  6. Bukankah banyak pimpinan gereja yang pernah dididik di sekolah teologi Reformed di Amerika, Belanda, dan tempat-tempat lain yang sudah kembali berada di ladang pelayanan di Indonesia? Bukankah mereka yang seharusnya membawa gereja kembali kepada semangat Reformed serta membangkitkan kesadaran orang Kristen untuk memelihara iman kepercayaan yang diturunkan kepada kita dan berperang di dalam dunia yang penuh dengan arus pikiran yang sangat berlawanan dengan Kitab Suci?

    Setelah menanti selama kira-kira 20 tahun, saya merasa sudah tidak boleh menunggu lagi - meskipun sejak tahun 1964 saya telah mengajar doktrin Reformed di sekolah teologi yang saya layani dan membentuk pikiran Reformed dalam diri para mahasiswa. Panggilan untuk mendirikan Gerakan Reformed Injili ini menjadi semakin jelas dan mendesak setelah saya mendapat penyakit hepatitis B pada tahun 1984.

    Hidup adalah sementara. Meskipun saya sudah melayani selama 27 tahun, namun dengan pengertian yang diperoleh melalui pengalaman menderita penyakit lever semacam itu, saya merasa mungkin masih bisa bertahan dalam dunia ini selama hanya 15 sampai 20 tahun lagi. Maka saya tidak menanti orang lain lagi dan dengan sungguh-sungguh berdoa menyerahkan diri sekali lagi untuk menegakkan Gerakan Reformed Injili di Indonesia. Saya memohon kepada Tuhan supaya di dalam waktu 15 tahun, menjelang abad ke-21, sudah terbentuk sekelompok generasi muda yang memahami dan menyadari pentingnya Gerakan Reformed Injili serta rela menyerahkan diri untuk mengabdi dan berkorban di dalam zaman ini.

    Tanggapan terhadap panggilan ini mendapat restu dari Tuhan, sehingga pada tahun 1984 dimulailah langkah yang pertama, yaitu dengan berani mengadakan Seminar Pembinaan Iman Kristen (SPIK) untuk memelopori doktrin Reformed. Di luar dugaan, pesertanya makin lama makin banyak dan dengan antusiasme yang sangat tinggi menerima doktrin Reformed yang diajarkan.

    Gerakan SPIK yang dimulai sejak tahun 1984 telah menjadi gerakan yang tidak layu hingga sekarang, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Mereka yang disadarkan mengambil keputusan untuk mempelajari doktrin Reformed lebih lanjut. Maka langkah kedua dalam panggilan ini adalah mendirikan Sekolah Teologi Reformed Injili (STRI) bagi kaum awam pada tahun 1986.


Ke Atas

Apakah yang Disebut Gerakan Reformed Injili?

Gerakan berbeda dengan organisasi. Gerakan merupakan semacam api dan semangat spiritual yang berkobar dan yang membakar sekelompok orang sehingga menjadi suatu kekuatan pengaruh terhadap pribadi-pribadi lain untuk melihat, mengakui, melangsungkan dan melaksanakan suatu tugas yang penting untuk mengubah sejarah. Gerakan sejarah yang bermutu selalu memiliki teori yang konsisten, strategi yang lincah, pengabdian yang tuntas, pengikut yang setia, dan pengaruh yang abadi, baik dalam bidang sekuler maupun rohani, unsur-unsur di atas bisa dilihat dengan jelas. Oleh karena itu Gerakan Reformed Injili juga hares meminta kepada Tuhan untuk memberikan pertolongan dan berkat dalam hal-hal yang penting. Kami percaya bahwa motivasi untuk mengadakan gerakan ini adalah murni berdasarkan panggilan Tuhan dan kebutuhan zaman serta berlangsungnya hidup iman sebagai orang Kristen dalam sejarah. Maka dengan jelas kami melihat Tuhan melimpahkan berkat-Nya baik dalam penyertaan maupun pengurapan, khususnya membangkitkan pribadi-pribadi yang dikobarkan oleh api Roh Kudus. Soli Deo Gloria (Segala kemuliaan hanya bagi Allah).


Ke Atas

Apakah Isi Gerakan Reformed Injili?

Gerakan ini meliputi dua aspek. Pertama, mengembalikan pengertian teologi berdasarkan wahyu Allah dalam Kitab Suci yang dipelopori oleh para Reformator, khususnya sayap Calvinisme dan para penerusnya sampai sekarang. Dengan teologi yang ketat ini, yang berasal dari makna-makna yang tersimpan dalam Kitab Suci, maka iman orang Kristen akan dibekali dan diperkuat untuk menghadapi tantangan segala zaman. Kedua, mengobarkan semangat penginjilan dan memobilisasi orang Kristen untuk secara langsung memberitakan Injil, yang adalah kabar baik bagi seluruh umat manusia, memperkenalkan kuasa keselamatan melalui kematian dan kebangkitan Kristus bagi pengampunan dosa dan perdamaian manusia dengan Tuhan Allah sehingga menciptakan hidup baru yang memuliakan Tuhan, bersaksi bagi Kristus, dan mengabarkan Injil. Maka gerakan ini membawa gereja berakar dalam Firman Tuhan dan berbuah dalam dunia ini.


Ke Atas

Bagaimana Permulaan Gerakan Ini?

Langkah-langkah Gerakan ini telah dipimpin oleh Tuhan melalui ketaatan hamba-hamba-Nya. Maka kami merencanakan (untuk Aspek Teologi Reformed): Pertama, membentuk sebanyak mungkin massa yang menyadari dan mengalami pengajaran Reformed Injili. Ini diwujudkan dalam bentuk Seminar Pembinaan Iman Kristen (SPIK). Kedua, menyaring dan memperoleh sekelompok kaum awam yang menuntut diri untuk mempelajari teologi Reformed secara sistematis dan konsisten. Ini diwujudkan dalam bentuk Sekolah Teologi Reformed Injili (STRI). Ketiga, mendirikan perpustakaan yang menyediakan buku-buku bermutu untuk mengisi kebutuhan orangorang yang ingin lebih banyak belajar kebenaran serta meyakini bahwa gerakan ini bersifat universal dan berpengaruh dalam sejarah. Keempat, mendirikan sekolah teologi dan Institut untuk mempersiapkan tenaga hamba Tuhan penuh waktu bagi generasi yang akan datang. Kelima, dengan teologi yang benar mendirikan gereja dan pos-pos Injil untuk menjadi wadah bagi para hamba Tuhan untuk boleh dengan berani mengajarkan teologi Reformed dan menggembalakan kaum pilihan Tuhan. Keenam, menerjemahkan dan mencetak buku-buku teologi Reformed.

Sedangkan rencana dalam Aspek Penginjilan meliputi: Pertama, mengadakan penginjilan massal dan secara langsung menghadapi kebutuhan masyarakat serta mengajar manusia untuk bertobat dan menyambut undangan menjadi orang Kristen. Kedua, mengadakan pemuridan penginjilan untuk melatih pribadi-pribadi yang merasa terpanggil untuk melebarkan Kerajaan Allah melalui penginjilan pribadi. Dengan demikian memobilisasi orang Kristen untuk menjadi saluran anugerah Tuhan bagi masyarakat. Ketiga, melatih penginjil-penginjil penuh waktu dalam sekolah teologi untuk mempersiapkan hamba-hamba Tuhan yang berkarunia dan berbeban khusus dalam penginjilan. Keempat, menyediakan pos-pos Injil untuk menampung buah-buah penginjilan untuk menuju kepada hidup penggembalaan dan gereja.


Ke Atas

Apakah Keunikan Gerakan Ini?

Gerakan Reformed Injili berbeda dengan gereja dan denominasi Reformed Injili. Gerakan Reformed Injili dimaksud untuk menjadi dorongan bagi setiap denominasi dan boleh menjadi milik setiap gereja di luar Gereja Reformed Injili, sehingga gereja-gereja dibangunkan dan diarahkan kepada teologi yang benar dan semangat Injili yang benar. Namun Gerakan Reformed Injili tidak menutup kemungkinan. bagi hamba-hamba Tuhan yang berteologi Reformed Injili untuk mendirikan Gereja Reformed Injili sebagai salah satu wadah dalam Kerajaan Allah, yang mendampingi gereja-gereja lain untuk melaksanakan tugas panggilannya sebagai tubuh Kristus.


Ke Atas

Siapakah yang Ada dalam Gerakan Ini?

Gerakan ini tidak dimonopoli oleh hamba-hamba Tuhan penuh waktu, juga tidak dimonopoli oleh GRII, karena teologi Reformed dan penginjilan dalam Gerakan Reformed Injili merupakan inti internal dan aksi eksternal yang seharusnya dimiliki oleh semua gereja. Maka setiap orang Kristen yang telah meng alami kelahiran barn oleh Roh Kudus dan telah dibaptiskan ke dalam Tuhan, berhak berbagian dalam Gerakan Reformed Injili. Jika Tuhan memimpin, maka orang-orang Kristen yang bersemangat dan berteologi semacam ini, boleh dengan bebas, atas kerelaannya sendiri, bergabung ke dalam Lembaga Reformed Injili, bahkan Gereja Reformed Injili Indonesia. Setiap orang yang berbagian dalam gerakan ini hares menyadari dan memahami Pengakuan Iman Reformed Injili serta rela bekerja sama dengan kaum Reformed Injili untuk mengembangkan gerakan ini, dengan tujuan untuk memuliakan Tuhan, memurnikan iman gereja, dan mengobarkan semangat Amanat Agung sampai Kristus datang kembali.


Ke Atas

GRII dan Gerakan Reformed Injili

GRIT didirikan di atas dasar Pengakuan Iman Reformed Injili dengan tujuan menegakkan satu gereja yang berbasiskan teologi Reformed, dengan mimbar yang menyampaikan khotbah ekspositoris, dan jemaat yang berkomitmen mengabarkan Injil. Gereja ini merupakan bagian dari tubuh Kristus, yang terdiri dari semua gereja yang berdasarkan pada ajaran yang benar dalam melaksanakan tugasnya di dalam dunia ini. Anggota GRIT terdiri dari: Pertama, basil penginjilan langsung yang menerima Tuhan dan dibaptiskan ke dalam GRIT. Kedua, dari anggota gereja di luar negeri atau luar pulau yang pindah ke kota di mana GRIT ada, lalu atas permintaan dan kerelaannya sendiri menjadi anggota GRIT melalui atestasi setelah mengikuti katekisasi. Ketiga, anak-anak anggota yang dijanjikan oleh orangtua yang beriman untuk mendidik mereka berdasarkan iman Kristen. Keempat, perpindahan anggota gereja lain dengan mengikuti prosedur yang sah.

Dari antara anggota GRIT yang meyakini pentingnya Gerakan Reformed Injili serta memiliki beban panggilan Tuhan untuk terjun dalam gerakan ini, mereka akan diberikan kesempatan untuk mengikuti pelayanan sehingga melalui pengamatan, latihan dan penyaringan, sebagian menjadi pekerja-pekerja yang melayani lebih banyak orang. Pengurus terdiri dari mereka yang sudah melewati tahap pelayanan yang dianggap cukup matang. Setiap orang Kristen yang menyadari dan memahami Gerakan Reformed Injili seharusnya memberi pengaruh yang positif, baik di dalam hidup gerejawi maupun hidup bermasyarakat dan bernegara.


Ke Atas

Prospek Gerakan Ini

Melalui kepercayaan Reformed Injili, kami mengharapkan semakin banyak gereja yang kembali kepada ajaran yang benar, dan semakin banyak gereja yang terjun dalam melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus. Dengan demikian, STTRII, Institut Reformed, dan STRI yang berada di kota-kota besar di Indonesia maupun di luar negeri, memikul kewajiban untuk mendidik orang Kristen dalam pengenalan teologi Reformed serta memobilisasi misi penginjilan. Sedangkan GRIT diharapkan untuk membuka sebanyak mungkin MRI (Mimbar Reformed Injili) di berbagai tempat untuk mengisi kebutuhan dan kehausan orang Kristen akan Firman Tuhan, teologi Reformed, dan latihan penginjilan. Kami mengharapkan teologi yang benar menjadi kunci pencerahan bagi kebudayaan dan kehidupan di dalam dunia ini; dan melalui penginjilan, membawa seluruh bangsa kembali kepada Tuhan. Karena Tuhan berkata. "Kamulah terang dunia, kamulah garam dunia." Dalam menyongsong abad ke-21 yang ditandai dengan gerakan massa yang dipengaruhi oleh semangat Gerakan Zaman Baru serta gerakan kebudayaan yang berfilsafatkan Postmodernisme, marilah kita memancarkan cahaya Firman Tuhan bagaikan mercusuar yang menuntun semua orang yang tersesat kembali ke pangkuan Allah yang kekal.


Ke Atas

Lampiran A

Daftar Alamat GRII, MRII, dan PRII GEREJA REFORMED INJILI INDONESIA

GRII PUSAT

Kebaktian : Minggu, 07.00 WIB
Minggu, 09.30 WIB (Mandarin)
Sekretariat : Telp. 0213810912; faks. 021 3811021
E-mail: griipst@cbn.net.id

GRII ANDHIKA SURABAYA

Kebaktian : Minggu, 07.30 WIB
Minggu, 16.30 WIB
Sekretariat : Telp. 0315472422-23; faks. 031 5459275
E-mail: info@griis.org

GRIi BINTARO

Kebaktian : Minggu, 07.00 WIB
Minggu, 10.00 WIB
Sekretariat : Telp. 021 7452277, 7451901; faks. 021 7451950
E-mail: grii-bintaro@telkom.net

GRIi GEMPOL

Kebaktian : Minggu, 06.00 WIB
Minggu, 15.30 WIB
Sekretariat : Telp. 0343 852072; faks. 0343 855839

GRIi KARAWACI

Kebaktian : Minggu, 17.00 WIB
Sekretariat : Telp. 02155769919; faks. 021 55769920
E-mail: griikarawaci@cbn.net.id

GRIi KELAPA GADING JAKARTA

Kebaktian : Minggu, 07.30 WIB
Minggu, 10.00 WIB
Sekretariat : Telp. & faks. 021 4520965

GRII MALANG

Kebaktian : Minggu, 08.00 WIB
Minggu, 17.00 WIB
Sekretariat : Telp. 0341364699; faks. 0341 321198
E-mail: anton.s.un@lycos.com

GRII NGAGEL SURABAYA

Kebaktian : Minggu, 08.00 WIB
Minggu, 16.30 WIB
Sekretariat : Telp. 031 5047759, 5055754; faks. 031 5047758
E-mail: aha@mitra.net.id

GRII PONDOK INDAH JAKARTA

Kebaktian : Minggu, 10.00 WIB
Minggu, 17.00 WIB
Sekretariat : Telp. 021 75914116; faks. 021 75914117
E-mail: griipondokindah@yahoo.com

Luar Negeri

GRII SINGAPORE

Kebaktian 1 : Minggu, 9.00 am.
Kebaktian 2 : Minggu, 5.00 pm.
Sekretariat : Telp. 65 63346725, 65 63330522; faks. 65 63346774
E-mail: sekretariat@grii-singapore.org
Website: www.grii-singapore.org

MIMBAR REFORMED INJILI INDONESIA

MRII BATAM

Kebaktian : Minggu, 08.00 WIB
Sekretariat : Telp. 0778 7039553 (flexi)
E-mail: info@mriibatam.org
Website: www.mriibatam.org

MRII GATOT SUBROTO JAKARTA

Kebaktian : Minggu, 17.00 WIB
Sekretariat : Telp. 0213810912; faks. 021 3811021

MRII KERTAJAYA SURABAYA

Kebaktian : Minggu, 10.00 WIB
Sekretariat : Telp. 0315472422-23; faks. 031 5459275
E-mail: info@griis.org

GRII MATRAMAN JAKARTA

Kebaktian : Minggu, 10.00 WIB
Sekretariat : Telp. 0218509068; faks. 021 8580668

MRII PALEMBANG

Kebaktian : Minggu, 08.30 WIB
Minggu, 17.00 WIB
Sekretariat : Telp. 0711360342; faks. 0711 360343
E-mail: mri-pal@palembang.wasantara.net.id

MRII SIDOARJO

Kebaktian : Minggu, 08.00 WIB
Sekretariat : Telp. 031 70974382

MRII SUNTER JAKARTA

Kebaktian : Minggu, 17.30 WIB
Sekretariat : Telp. 0216513527; faks. 021 6513463

MRII TANAH ABANG JAKARTA

Kebaktian : Minggu, 17.00 WIB
Sekretariat : Telp. 0213810912; faks. 021 3811021

MRII YOGYAKARTA

Kebaktian : Minggu, 08.00 WIB
Sekretariat : Telp. 0274 589403; faks. 0274 520845
E-mail: mriiy@yahoo.com

Luar Negeri

MRII BEIJING

Hubungi : Telp. 86 13 167524293

MRII BERLIN

Kebaktian : Minggu, 4.00 pm.
Sekretariat : Telp. 49 30 68081042; 0049 01791458691
E-mail: MRII-Berlin@gmx.de

MRII BOSTON

Kebaktian : Minggu, 3.00 pm.
Sekretariat : Telp. 1 860 2910434
E-mail: info@reformed.injili.org.

MRII GUANGZHOU

Hubungi : Bpk. David (Chun-chun), Telp. 86 13922145380;
Ibu Lina, Telp. 86 13600081957

MRII HAMBURG

Kebaktian : Minggu, 3.00 pm.
Sekretariat : Telp. 49 40 3193912
E-mail: info.hamburg@grii.de

MRII MELBOURNE

Kebaktian : Minggu, 5.00 pm.
Sekretariat : Telp. & faks. 61 3 87114724
E-mail: irwanwidianto@yahoo.com

MRII PERTH

Kebaktian : Minggu, 10.00 am.
Sekretariat : Telp. 61 8 93216311; faks. 618 93216716
E-mail: mrii_perth@hotmail.com
Mail: PO BOX 132 West Perth, WA6872

MRII SHANGHAI

Hubungi : Ibu Ay Lie, Telp. 86 13661819084
Ibu Lisa, Telp. 86 139180488866
Bpk. Chris, Telp. 86 13764304101

MRII SIDNEY

Kebaktian : Minggu, 9.30 am.
Minggu, 5.00 pm. (remaja)
Sekretariat : Telp. & faks. 61 2 94825220
E-mail: sekretariat@mriisidney.org

MRII TAICHUNG

Kebaktian : Minggu, 3.00 pm.
Sekretariat : Telp. 886 4 27024349
886 930041122 (HP Pdt. Nico Ong)

MRII TAIPEI

Kebaktian : Minggu, 8.30 am.
Minggu, 10.30 am.
Sekretariat : Telp. & faks. 886 2 23687695
886 930041122 (HP Pdt. Nico Ong)
E-mail: nicoong@yahoo.com.tw

MRII TORONTO

Kebaktian : Minggu, 4.00 pm.
Sekretariat : Telp. & faks. 905 823 1801
E-mail: info@grii-toronto.org

PERSEKUTUAN REFORMED INJILI INDONESIA

PRII DEPOK

Kebaktian : Minggu, 16.30 WIB
Sekretariat : Telp. 021 7752287

PRII MEDAN

Kebaktian : Minggu, 17.00 WIB
E-mail: prii medan@yahoo.com

Luar Negeri

PRII HONGKONG

Hubungi : Ibu Jenny, Telp. 852 91097560
Ibu Chi-chi, Telp. 852 98546248
Bpk. Christ, Telp. 852 64728902
Ibu Ling-ling, Telp. 852 94411290

PRII KUALA LUMPUR

Kebaktian : Telp. 60 1 26602519
Jumat, 7.30 pm.

PRII XIAMEN

Hubungi : Peter, Telp. 86 13606051452

Daftar Alamat

SEKOLAH TINGGI TEOLOGI dan INSTITUT REFORMED
Telp. 021 7990357, 7943829; faks. 021 7987437
E-mail: reformed@idola.net.id

INSTITUT REFORMED JAKARTA
Telp. 021 6513815, 6513304; faks. 021 6513463
E-mail: reformed@cbn.net.id

REFORMED INSTITUTE WASHINGTON
Telp. 440 446 9004

Daftar Alamat SEKOLAH TEOLOGI REFORMED INJILI

STRI JAKARTA

STRIJ Tanah Abang
Telp. 021 3810912, faks. 021 3811021
E-mail: griipst@cbn.net.id

STRIJ Bintaro
Telp. 021 7452277, 7451901; faks. 021 7451950
E-mail: grii-bintaro@telkom.net

STRIJ Kelapa Gading
Kelapa Gading Permai - Jakarta Utara 14240
Telp. & faks. 021 4520965

STRIJ Karawaci
Telp. 02155769919; faks. 021 55769920
E-mail: griikarawaci@cbn.net.id

STRIJ Matraman
Telp. 0218509068; faks. 021 8580668

STRIJ Pondok Indah
Telp. 021 75914116; faks. 021 75914117

STRIJ di Bandung
Di bawah koordinasi STRIJ Tanah Abang
Telp. 021 3810912, faks. 021 3811021

STRIJ di Medan
Di bawah koordinasi STRIJ Tanah Abang
Telp. 021 3810912, faks. 021 3811021

STRI SURABAYA

STRIS Andhika
Telp. 0315472422-23; faks. 031 5459275
E-mail: strisa@griis.org

STRIS Ngagel
Telp. 031 5047759, 5055754; faks. 031 5047758
E-mail: aha@mitra.net.id

STRIS Kertajaya
Di bawah koordinasi STRIS Andhika
Telp. 0315472422-23; faks. 031 5459275
E-mail: strisa@griis.org

STRI SIDOARJO (STRISDA)
JI. Pagerwojo - Sidoarjo, Telp. 031 70974382
Di bawah koordinasi STRIS Andhika

STRI MALANG (STRIM)
Telp. 0341364699; faks. 0341 321198
E-mail: anton.s.un@lycos.com

STRI YOGYAKARTA (STRIY)
Telp. 0274 589403; faks. 0274 520845
E-mail: mriiy@yahoo.com

STRI PALEMBANG (STRIPAL)
Telp. 0711360342; faks. 0711 360343
E-mail: mri-pal@palembang.wasantara.net.id

STRI BATAM (STRIBAT)
Telp. 0778 7039553 (flexi)
E-mail: info@mriibatam.org
Website: www.mriibatam.org

STRI SINGAPORE
Telp. 65 63346725, 65 63330522
E-mail: sekretariat@grii-singapore.org

STRI TAIWAN (TAIPEI-TAICHUNG)
Telp. 886 2 23687695; Hp. 886 930041122
E-mail: nicoong@yahoo.com.tw

STEMI (STEPHEN TONG EVANGELISTIC MINISTRIES INTERNATIONAL)
Telp. 0213810912; faks. 021 3811021
E-mail: griipst@cbn.net.id

JOS (Jakarta Oratorio Society)
Telp. 0213810912; faks. 021 3811021
E-mail: griipst@cbn.net.id

IRECS (International Reformed Evangelical Corespondence Study)
Telp. 0315472422-23; faks. 031 5459275
E-mail: irecs@griis.org


Ke Atas

Lampiran B

PELAYANAN LITERATUR REFORMED INJILI

PENERBIT MOMENTUM
Telp. 0315472422-23; faks. 031 5459275
E-mail: momentum-cl@indo.net.id

Majalah-majalah
Majalah Momentum
Majalah Kita (untuk anak-anak)

Outlet-outlet Toko Buku MOMENTUM:

ANDHIKA - SURABAYA:
Telp. 0315472422-23; faks. 031 5459275
E-mail: momentum-cl@indo.net.id

MATRAMAN -JAKARTA:
Telp. 0218509068; faks. 021 8580668

TANAH ABANG -JAKARTA:
Telp. 0213810912; faks. 021 3811021

MALANG:
Telp. 0341364699; faks. 0341 321198


Ke Atas

Lampiran C

SPIK dan Tema-tema SPIK

Seminar Pembinaan Iman Kristen (SPIK) ini diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia dan di luar negeri yakni di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dan di Taipei, Hongkong, Kuala Lumpur, Penang, Kuching, Johor, Kaochung, dengan pembicara Pdt. Dr. Stephen Tong.

Adapun tahun pelaksanaan SPIK dan tema-temanya (berdasarkan pelaksanaan SPIK di Jakarta) adalah:

1985 SPIK 1 Iman dan Agama
1985 SPIK 2 Iman dan Wahyu
1986 SPIK 3 Wahyu dan Pengwahyu
1986 SPIK 4 Wahyu dan Alkitab
1987 SPIK 5 Allah Tritunggal
1988 SPIK 6 Iman, Rasio dan Kebenaran
1989 SPIK 7 Iman Kristen dan Liberalisme
1990 SPIK 8 Peta dan Teladan Allah
1991 SPIK 9 Siapakah Kristus?
1992 SPIK 10 Dosa, Keadilan dan Penghakiman
1993 SPIK 11 Roh Kudus, Doa dan Kebangunan
1994 SPIK 12 Dinamika Hidup dalam Pimpinan Roh Kudus
1995 SPIK 13 Baptisan dan Karunia Roh Kudus
1996 SPIK 14 Roh Kudus, Suara Hati Nurani dan Setan
1997 SPIK 15 Ujian, Pencobaan dan Kemenangan
1998 SPIK 16 Iman, Penderitaan dan Hak Asasi Manusia
1999 SPIK 17 Kedaulatan Allah dan Kuasa Pemerintahan
2000 SPIK 18 Kerajaan Allah, Gereja dan Pelayanan
2003 SPIK 19 Iman, Panggilan dan Pelayanan
2004 SPIK 20 Gerakan Reformed Injili dan Krisis Zaman
2005 SPIK 21 Gerakan Reformed Injili dan Arah Sejarah

Ke Atas

Lampiran D

Buku-buku Terbitan Penerbit Momentum

Alkitab Bukan Teka-teki - Ulasan Kritis - Boersma, T.J.
Allah dan Kebudayaan - Carson, D.A. & Woddbridge, J.D.
Allah Tritunggal - Tong, Stephen
Allah, Kebebasan dan Kejahatan - Plantinga, Alvin C.
Alkitab: Firman Allah (Verbum Dei) - Crampton, Gary W.
Alkitab dan Akhir Zaman - Hoekema, Anthony
Anak-anak Allah yang Hidup - Ferguson, Sinclair B.
Anugerah Berlimpah bagi Pendosa Terbesar - Bunyan, John
Apa Itu Baptisan? - Rayburn, Robert G.
Apologetika bagi Kemuliaan Allah - Frame, John M.
Arsitek Jiwa 1 - Tong, Stephen
Arsitek Jiwa 2 - Tong, Stephen
Aku Datang Segera - Groen, J.P.D.
Allah sedang Berkarya - Edwards, Jonathan
Aspek-aspek Kekudusan - Ryle, J.C.
Baptisan Anak - Schreuder, J.J.
Baptisan dan Karunia Roh Kudus - Tong, Stephen
Bagaimana dan Kapan Memberitahu Anak Anda mengenai Seks - Stanton & Brenna J.
Berpola Pikir Rohani - Owen, John
Bertumbuh dalam Anugerah - Ferguson, Sinclair B.
Cornelius Van Til - Frame, John M.
Dari Iman kepada Iman - Tong, Stephen
Dasar Pendidikan Kristen - Berkhof, Louis & Van Til, Cornelius
Dinamika Hidup dalam Pimpinan Roh Kudus Tong, Stephen Dirancang bagi Kemuliaan - Pratt, Richard L.
Diselamatkan oleh Anugerah - Hoekema, Anthony
Disney dan Alkitab - Perruci, Ferraiuolo
Dosa dan Kebudayaan - Tong, Stephen
Dosa, Keadilan dan Penghakiman - Tong, Stephen
Filsafat dan Iman Kristen 1 - Brown, Colin
Filsafat dan Iman Kristen 2 - Brown, Colin
Gerakan Karismatik dan Gereja Kita - Maris, Hans
Gerakan Reformed Injili: Apa? dan Mengapa? - Tong, Stephen
Hati yang Dipersembahkan kepada Allah - Ferguson, Sinclair B.
Hidup Kristen yang Berbuah - Tong, Stephen
Hidup yang Berlimpah di dalam Allah - Scougal, Henry & Leighton, Robert
Iman dan Agama - Tong, Stephen
Iman dan Akal Budi - Nash, Ronald H.
Iman Kristen dan Problema Sosial - Kuyper, Abraham
Iman, Pengharapan dan Kasih dalam Krisis - Tong, Stephen
Iman, Rasio dan Kebenaran - Tong, Stephen
Iman Reformed Boettner, Loraine
Iman, Penderitaan dan Hak Asasi Manusia - Tong, Stephen
Karunia Musik Smith, Jane & Carlson B.
Katekismus Singkat Westminster 1 - Williamson, G.I.
Kebangunan Rohani Pribadi - Winslow, Octavius
Kekayaan Kasih Karunia Allah - Benton, John & Peet, John
Keselamatan di balik Kematian Bayi - Nash, Ronald H.
Ketika Manusia Dianggap Besar & Allah Dianggap Kecil - Welch, Edward T.
Keluarga Bahagia - Tong, Stephen
Kematian yang Menghidupkan - Owen, John
Kemuliaan Kristus - Owen, John
Kerajaan Allah, Gereja dan Pelayanan - Tong, Stephen
Khotbah di Bukit - Ferguson, Sinclair B.
Konflik Wawasan Dunia - Nash, Ronald H.
Kristen Sejati 1 - Pengakuan Iman Rasul - Packer, J.I.
Kristen Sejati 2 - Baptisan dan Pertobatan - Packer, J.I.
Kristen Sejati 3 - Doa Bapa Kami - Packer, J. I.
Kristen Sejati 4 - Sepuluh Hukum - Packer, J.I.
Lima Pokok Calvinisme - Palmer, Edwin
Maksud Allah Menciptakan Seks
Vol. 1: Kisah tentang Diriku - Jones, Stan & Brenna
Vol. 2: Sebelum Aku Dilahirkan - Nystrom, Carolyn
Vol. 3: Apa Masalahnya? Jones, - Stan & Brenna
Vol. 4: Menghadapi Fakta - Jones, Stan & Brenna
Manusia: Ciptaan Menurut Gambar Allah - Hoekema, Anthony
Membentuk Hati, Mendidik Akal Budi - Meade, Starr
Membesarkan Anak dalam Tuhan - Tong, Stephen
Membuka Topeng Gerakan Zaman Baru - Groothuis, Douglas
Menemukan Kehendak Allah - Ferguson, Sinclair B.
Mengetahui Kehendak Allah - Tong, Stephen
Mengenal Wawasan Kristen - Blamires, Harry
Munculnya Kemerdekaan di Dunia Modern - Kelly, Douglas F.
Musuh dalam Diriku - Lundgaard, Kris
Orang Berdosa di Tangan Allah yang Murka - Edwards, Jonathan
Pemikiran Pasca-Kristen Blamires, - Harry
Pemuda dan Krisis Zaman - Tong, Stephen
Pengalaman Rohani Sejati - Edwards, Jonathan
Pengantar ke dalam Teologi Reformed - Susabda, Yakub
Penggenapan dan Penerapan Penebusan - Murray, John
Penginjilan dan Kedaulatan Allah - Packer, J.I.
Perang dengan Kata-kata - Tripp, Paul David
Pergumulan Mengerti Kehendak Allah - Subeno, Sutjipto
Perjuangan Menantang Zaman - Mulia, Hendra G. (ed)
Peta dan Teladan Allah - Tong, Stephen
Predestinasi dan Kehendak Bebas - Basinger, David & Randall
Psikologi sebagai Agama - Vitz, Paul C.
Pudarnya Kebenaran - Groothuis, Douglas
Ratapan bagi Seorang Putra - Wolterstorf, Nicholas
Reformasi dan Teologi Reformed - Tong, Stephen
Rencana Allah bagi Anda - Packer, J. I.
Roh Kudus, Doa dan Kebangunan - Tong, Stephen
Roh Kudus, Suara Hati dan Setan - Tong, Stephen
Segala Kebenaran adalah Kebenaran Allah - Holmes, Arthur F.
Segala Sesuatu untuk Kebaikan Kita - Watson, Thomas
Selangkah Demi Selangkah - Petty, James C.
Seni Membentuk Karakter Kristen - Tong, Stephen & Go, Mery
Sepuluh Pemikiran Besar dari Sejarah Gereja - Shaw, Mark
Serving My Times - Tong, Stephen
Siapa yang Membuat Alkitab? - Van Bruggen, Jakob
Siapakah Kristus? - Tong, Stephen
SKRII I: Doktrin Alkitab - Ambarsari, Trivena
SKRII II: Prinsip-prinsip Penginjilan - Matakupan, Thorny J.
SKRII III: Doktrin Kristus - Ambarsari, Trivena
Survei Ringkas Perjanjian Lama - Obadja, Jeane Ch.
Teologi Modern I - Susabda, Yakub
Teologi Modern II - Susabda, Yakub
Teologi Penginjilan - Tong, Stephen
Teologi Sistematika 1: Doktrin Allah - Berkhof, Louis
Teologi Sistematika 2: Doktrin Manusia - Berkhof, Louis
Teologi Sistematika 3: Doktrin Kristus - Berkhof, Louis
Teologi Sistematika 4: Doktrin Keselamatan - Berkhof, Louis
Teologi Sistematika 5: Doktrin Gereja - Berkhof, Louis
Teologi Sistematika 6: Doktrin Akhir Zaman - Berkhof, Louis
Tiada Tempat bagi Kebenaran - Wells, David F.
Tidak Seperti Maksud Semula - Plantinga Jr, Cornelius
Tujuh Perkataan Salib - Tong, Stephen
Ujian, Pencobaan dan Kemenangan - Tong, Stephen
Waktu dan Hikmat - Tong, Stephen
Yesus Kristus Juruselamat Dunia - Tong, Stephen

Booklet "Momentum"

Pdm 01: Pelayan yang Beriman - Tong, Stephen
Pdm 02: Cara Pandang Seorang Pelayan - Tong, Stephen
Pdm 03: Pelayan yang Melarikan Diri - Tong, Stephen
Pdm 04: Pelayan yang Berduka - Tong, Stephen
Pdm 05: Pelayan yang Mengasihi Diri - Tong, Stephen
Pdm 06: Jerih Payah Seorang Pelayan - Tong, Stephen
Pdm 07: Harta Seorang Pelayan - Tong, Stephen
Pdm 08: Pelayan yang Berkorban - Tong, Stephen
Pdm 09: Kebahagiaan Yudas - Tong, Stephen
Pdm 10: Pelayan yang Mengabarkan Injil - Tong, Stephen
Pdm 11: Pembentukan Seorang Pelayan - Tong, Stephen
Pdm 12: Pergumulan Seorang Pelayan - Tong, Stephen
Kenaikan Kristus - Sproul, R.C. & Robertson, Palmer
Pengampunan - Morris, Leon
Siapakah Sebenarnya Orang Miskin itu? - Sproul, R.C.


Ke Atas

Lampiran E

Beban dan Doa

Kami berdoa kiranya Roh Kudus menggenapi setiap firman yang dikhotbahkan dari mimbar ini. Kami berdoa kiranya setiap jiwa yang mendengar Firman dari mimbar ini memperoleh iman yang sejati melalui Firman-Nya sendiri.

Kami berdoa kiranya manusia yang taat kepada Firman-Nya boleh mengalami keselamatan di dalam InjilNya dan menjadi lebih sempuma seperti Tuhan kita.

Kami berdoa kiranya mimbar ini menggugah hati nurani umat Tuhan untuk hidup saleh dan benar di hadapan-Nya, hidup penuh kasih dan adil di dalam tubuh Kristus, serta bertanggung jawab sebagai saksi Injil Kristus di dalam dunia ini.

Kiranya segala kemuliaan kembali kepada Tuhan, Pemberi Firman bagi manusia. Damai sejahtera memerintah setiap jiwa yang dikasihi-Nya sampai selamalamanya.

Tuhan, berkatilah dan pimpinlah pelayanan mimbar ini sampai kehendak-Mu terjadi. Nyatakanlah visi-Mu kepada umat-Mu. Panggillah hamba-hamba-Mu bagi penuaian ladang-Mu.

Berkatilah bangsa kami melalui mimbar ini. Kabulkanlah doa hamba-Mu.

Pdt. Dr. Stephen Tong
17 September 1989

Komentar