Blogs

Progsif "Roh Kudus, Malaikat, dan Roh Jahat"

Progsif <i>Roh Kudus, Malaikat, dan Roh Jahat</i>

Oleh: N. Risanti selengkapnya...»

Progsif: Jonathan, A Man Who Knows His Calling in Life

Setelah cukup lama tidak mengikuti progsif, pada Senin, 29 Juli 2019 lalu, saya berangkat untuk menghadiri progsif bertema Jonathan, A Man Who Knows His Calling in Life (Yonatan, Seseorang yang Mengetahui Panggilannya dalam Hidup) di Hotel Adhiwangsa, Solo, bersama dengan teman-teman staf YLSA lainnya. Pembawa materi dalam seminar pembinaan iman Kristen kali ini adalah Ev. Inawaty Teddy. Beliau adalah dosen tetap di STT Reformed Indonesia untuk bidang Perjanjian Lama yang tentunya sangat menguasai topik yang beliau bawakan malam itu. selengkapnya...»

Seminar Doktrin Predestinasi dan Kebebasan

Seminar Doktrin Predestinasi dan Kebebasan

"Datang ya, ke seminar 'Doktrin Predestinasi dan Keselamatan' besok …," kata Evie mengingatkan kami semua pada akhir persekutuan staf Jumat siang itu.

Paradoks Kasih dan Keadilan Allah: Predestinasi

Oleh: Ayub

Seminar Pembinaan Iman Kristen (SPIK), atau sering disebut “Progsif”, merupakan salah satu kegiatan pembelajaran rohani yang saya nantikan dalam beberapa bulan terakhir. Sudah beberapa waktu lamanya, saya merindukan untuk belajar sesuatu, dan puji Tuhan, pada 23 — 24 Januari 2017, kegiatan ini diadakan kembali. Tema kali ini sangat menarik, “Paradoks: Kasih dan Keadilan Allah“. Rekan saya, Okti, sudah menulis blog tentang progsif ini untuk hari pertama, tanggal 23 Januari 2017. Nah, sekarang saya membahas untuk hari yang kedua.

Seminar Pembinaan Kristen: Paradoks: Kasih dan Keadilan Allah

Oleh: Okti

Senin sore itu, 23 Januari 2017, sebenarnya saya urung berangkat ke Seminar Pembinaan Iman yang diadakan oleh MRII, Surakarta. Selain karena cuaca buruk akibat sering diguyur hujan, saya juga enggan meninggalkan anak sendirian di rumah. Namun, karena keinginan untuk belajar mengenai “Paradoks: Kasih dan Keadilan Allah” lebih besar dan adanya seseorang yang dapat menemani anak saya di rumah, maka saya pun berangkat. Bersama dengan teman-teman sekantor, Liza, Maskunarti, Hadi, Ayub, Aji, Pioneer, Andre, dan Danang, kami berangkat ke Orient Resto, tempat seminar diadakan.

Progsif: Abraham, Ishak, dan Yakub

Penulis: Yuni

Untuk pertama kalinya, saya mengikuti kegiatan Program Intensif (progsif) pada 7 — 8 Juli 2015 di Erigo Resto. Progsif ini diselenggarakan oleh MRII Solo dan biasanya diadakan selama 2 hari, sebulan sekali dengan topik/materi yang berbeda-beda. Materi bulan Juni adalah “Abraham, Ishak, Yakub”, yang disampaikan oleh Pdt. Aiter dari Jakarta. Saya sungguh bersyukur dapat mengikuti acara ini bersama dengan teman-teman dari Yayasan Lembaga SABDA. Materi yang disajikan sangat menarik, dan Pdt.

Progsif tentang Alkitab vs Deuterokanonika

Oleh: Jovita

Hari pertama Agustus 2017 belum berakhir, tetapi beberapa staf YLSA beserta enam mahasiswa magang dari Universitas Kristen Petra telah bersiap di depan kantor SABDA begitu jam menunjukkan pukul 18.00 WIB. Program Seminar Pembinaan Iman Kristen (SPIK) memang terlalu berharga untuk dilewatkan. Di jalanan yang tidak begitu ramai, kami meluncur menuju hotel Megaland Solo, tempat acara diadakan.

Church: The Bride of Christ

Oleh: Danang K.

Pada tanggal 14 Januari 2019, saya mengikuti seminar Progsif (program intensif) MRII di Hotel Adiwangsa, Solo. Pembicaranya adalah Pdt. Agus Marjanto, M.Th. Tema yang diusung adalah "Church: The Bride of Christ". Menilik judulnya, tentu isi seminar sangat terkait dengan gereja, dan bagaimana orang percaya seharusnya bersikap kepada gereja. selengkapnya...»

You are What You Love -- The Power of Spiritual Habit

Oleh: Rode P.

Judul progsif kali ini sangat menarik bagi kaum muda karena berkenaan dengan cinta. Hal itu terbukti dari kebanyakan peserta yang hadir dalam progsif adalah anak muda. Vikaris Heru Lin, hamba Tuhan, sebagai pembicara, memulai seminar dengan menunjukkan tiga gambar ilusi kepada peserta, yang membuat kami berpikir melihat hal yang berbeda dari gambar yang terlihat.

Seminar "NARASI SUBVERSIF EKSODUS"


Oleh: Roma

"Kitab Keluaran merupakan salah satu narasi besar yang telah menjadi nadi identitas umat Israel. Sayangnya, orang Kristen saat ini cenderung jarang menghayati narasi ini sebagaimana mestinya, yaitu sebagai narasi subversif. Seminar ini akan mencoba melihat narasi Keluaran dalam konteks dekat revolusi Israel serta penghayatan kontemporernya pada masa kini." selengkapnya...»

Komentar


Syndicate content